Wednesday, August 30, 2006

AKTUALITA

PANCASILA DI MATA REMAJA
Dengan semakin gencarnya arus informasi, kebudayaan dari luar yang masuk ke dalam negara Indonesia semakin tak terbendung.Tak dapat dipungkiri akan mempengaruhi jiwa remaja bangsa ini. dalam rubrik aktualita Cendekia edisi 28 ini kami mencoba untuk menggali sejauh mana rasa pancasilainya para remaja khususnya pelajar kita yang sedang bergulat dengan arus itu. Pembaca dapat menelusurinya melalui hasil wawancara kami dengan beberapa pelajar Yogya tentang rasa Pancasilais, juga hasil penelitian terhadap siswa Muga tentang pemahaman mereka terhadap Pancasila. Dan tidak ketinggalan hasil wawancara dengan Pak Muchson, beliau merupakan dosen Filsafat Pancasila UNY dan artikelnya Pak Hanafi
PERGUNJINGAN PANCASILA DIANTARA TOKOH
Dari keenam Presiden kita ternyata banyak juga penyelewengan Pancasila yang mereka loakukan, Pancasila yang merupakan dasar bag kehidupan berbangsa dan bernegara kita sepertinya tidak ditempatkan dengan semestinya. Ok! Kita sebagai pelajar Cuma bisa memandangi fenomena ini.
Presiden Suekarno yang notabene perumus idiologi Pancasila, ternyata juga tidak melaksanakan pancasila dengan konsekuen, terbukti dengan pembolehan PKI hidup di negara kita sehingga G30S PKI tak terelakkan. Dan itu merupakan pelanggaran pada sila pertama Pancasila “Ketuhanan Yang Maha Esa”, karena PKI adalah suatu ajaran berhaluan komunis. Kalian pasti tau khan apa itu komunis. Ya walaupun demikian dia merupakan tokoh yang banyak berjasa bagi kemerdekaan Indonesia, tanpa dia kemerdekaan tidak akan diploklamirkan pada tanggal 17 agustus 1945.
Ya, setelah kekuasaan orde lama tumbang, gantilah dengan kekuasaan bara yang sepertinya cocok dengan istilah keluar dari mulut harimau masuk ke lubang buaya, bagi rakyat Indonesia. Presiden yang berkuasa selama 33 tahun ini sebelumya merupakan Jendral yang dengan berani dan tegas memberantas PKI hingga PKI hilang di bumi pertiwi. Dalam pidato kenegaraannya Suharto pada tanggal 16 agustus 1967 menyatakan “Orde Baru lahir dan tumbuh sebagai reaksi dan untuk mengadakan koreksi total atas segala bentuk penyelewengan yang silakukan pada masa orse yang berkuasa pada waktu itu yang sekarang disebut orde lama.” Mengenai fungsi dan tujuan Orba dinyatakan “ mempertahankan, memurnikan wujud, dan memurnikan pelaksanaan Pancasila dan UUd 1945” memang bagus tujuannya, tapi didalam realita yang ada banyak terjadi pelecehan Pancasila seperti melakukan pembunuhan massal psada aksi penyerangan dan pendudukan rakyat Maubere tahun 1975 dengan korban lebih dari 200.000 jiwa, penculikan, pemberlakuan tembak ditempat pada setiap unjuk rasa untuk menuntut keadilan sosial dan hak asasi kemanusiaan dan memberlakukan peraturan dalam keadaan darurat, dan lain-lain. Ya, dibalik pembangunan yang maju ternyata tersimpan segudang pelecehan Pancasila.
Dengan turunnya rezim Suharto maka bergantilah kita dengan Pak Habibie, dialah presiden pertama kita yang berasal dari golongan IPA. Presiden yang satu ini melepaskan bumi Timor-timor dari negara kita, ya pelanggaran sila ke3, persatuan Indonesia, memang dilihat dari segi ekonomi pelepasan negri Xanana Gusmao ini menguntungkan, karena sebagian besar dari APBN kita dikucurkan untuk wilayah tersebut. Ya, itulah Indonesia. Akghirnya Habibie pun lengser dengan diturunkan oleh MPR.
Ok! Indonesia masih berjalan, pemerintahan diganti dengan bapak yang berasal dari golonngan Intelektual muslim yaitu Bapak Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, walaupun cacat beliau merupakan tokoh yang cukup disegani, penulis masih ingat dalam sehari belau melakukan 2 kali memorandum bagi DPR. Padahal merandum tuh hanya utuk kepentingan yang mendesak, presiden ini berkuasa kurang lebih 3tahun, walaupun sing residen kita ini banyak meakukan kejutan-kejutan yang bisamembuat jantungan, seperti akan memblehkan Pki hidup lagi, a untung gak jadi ya.
Setelah Gus Dur turu jabatan presiden kita diganti dengan putri Bung Karno yaitu Bu Megawati Suekarno Putri. Presiden perempuan ini tidak begitu telihat eksistensiya, walaupun banyak aset negara yang dijual olehnya dengan dalih unuk membayar hutang negara. Ya, itulah presiden kita.
Nah presiden yang berkuasa saat ini adalah Bapak Susilo Bambang Yudhoyono yang biasa disingkat dengan SBY. Presiden yang berasal dari golongan militer ini dalam masa pemerintahannya banyak cobaan alam yang menimpa,seperti tsunami di Aceh, longsor,banjir bandag, dan masih banyak lagi. Dan semoga dikepemimpinan beliau mendatang BBM nggak naik lagi. Amin.
Ok! Setelah kami menceritakan presiden-presiden kita, kami akan menunjukkan beberapa hasil wawancara crew cendekia dengan pelajar di DIY mengenai presiden-presiden kita tersebut. Contohnya Puput, siswi SMP Negri 2 Gamping berpendapat bahwa zaman pak Harto lebih baik daripada zaman reformasi sekarang ini karena Pancasila pada waktu itu harus dipahami oleh pelajar, “ Sampai-sampai waktu aku SD dulu soal bahasa jawanya pun juga ada tentang Pancasila,” ungkapnya. Selain itu sekarang ini sepertinya pancasila sepertinya hilang begitu saja gembar-gembornya, kemana hilangnya ?
Beda lagi dengan penuturan Rini, siswi SMK Negri 7 Jogja ini merasa pemerintahan Pak Karno lebih baik karena tanpa dia Indonesia pasti nggak akan terploklamir pada tanggal 17 Agustus 1945. dialah pencetus Pancasila, dia juga yang membangun kompleks senayan yang segede itu, tapi dia juga menyayangkan sikap pak Karno dengan adanya PKI. Tapi manusia khan tempatnya lupa dan salah, jadi dimaklumin dah, tapi Pak Karno is the best lah!
Woro, pelajar yang berasal dari kasihan Bantul ini menyatakan dia nggak milih yang mana Presiden yang paling konsekuen terhadap pancasila. Karena manusia tuh pasti punya kesalahan, “jadi aku nggak milih siapa yang paling baik,” katanya.
Lain lagi dengan penuturan Eka, anak SMA yang tinggal di Sleman ini berpendapat bahwa semua pemerintahan tuh pasti ada kesalahan dan kebaikannya jadi dia maklum atas berbagai kesalahan tersebut, toh dia juga sebagai pelajar Cuma bisa menyampaikan aspirasi kepada pemerintah dan pelaksanaannya terserah pada mereka, dengan kenaikan BBM sekarang ini menimbulkan penurunan kualitas penduduk, mending yang dari golongan ekonomi atas nggak merasa danekonomi bawah dapat subsidi langsung tunai walaupun banyak yang salah sasaran, tapi lebih kasihan bagi yang berekonomi menengah, mereka bisa jadi orang kebawah alias miskin. Ya, itulah hidup, katanya.
Dari beberapa wawancara tersebut ada beberapa kesan yang tak peduli dengan pemerintahan sekarang dan enggan berkomentah lebih jauh tentang pelaksanaan Pancasila oleh Pemerintah beserta baik buruknya, dan semoga hasil wawancara ini bisa menjadi wacana agar kita bisa lebih baik dan menyadari manusia pasti ada kesalahannya (kalau nggak punya salah wajib dicurigai!) dan selamat merenung. (li32)
60% “RAGU” HAFAL PANCASILA
Ternyata siswa Muga banyak yang lupa-lupa ingat hafal lima sila dari Pancasila. Buktinya hasil survey tim Cendekia kita menunjukkan 60% yang demikian. Data lain mengenai tanggapan siswa kita tentang Pancasila itu tersaji dalam hasil penelitian di bawah ini
Pancasila yang rumusannya terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 adalah pandangan hidup bangsa Indonesia dan dasar Negara Republik Indonesia. Sebagai pandangan hidup, terwujudnya nilai-nilai Pancasila dalam hidup sehari-hari merupakan tujuan bagi seluruh kegiatan kita. Dengan arti dan peranan demikian, Pancasila sekaligus merupakan ukuran tingkah laku kita. Di samping itu, Pancasila juga memiliki peranan sebagai cerminan kepribadian bangsa Indonesia. Oleh karenanya apabila seseorang menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupannya, maka dapat dikatakan kepribadian orang tersebut dapat mencirikan kepribadian bangsa Indonesia.
Berkaitan dengan hal tersebut, tim Cendekia melakukan penelitian terhadap siswa Muga untuk mengetahui tingkat implementasi atau penerapan nilai-nilai Pancasila dikalangan siswa Muga. Cara mendapatkan datanya dengan menyebar angket secara acak sebanyak 150 angket kepada siswa kelas X, XI, dan XII. Angket itu kembali 145 buah dan setelah disortir yang layak dianalisa sebanyak 100 buah (lebih dari 10% jumlah siswa Muga seluruhnya). Berikut ini adalah hasil penelitian yang dilakukan tersebut :

Dari bagan di atas kita dapat mengetahui bagaimana penerapan nilai-nilai Pancasila dikalangan siswa Muga,miali dari pemahaman, sikap, dan tindakannya terhadap pancasila. Dari segi pemahaman siswa terhadap pancasila, tergolong cukup baik. Dari hasil yang didapat menunkukkan bahwa sebagian besar siswa paham arti pancasila. Namun yang masih memprihatinkan adalah mengenai sikap siswa terhadap pancasila. Pandangan siswa tentang pancasila sebagai hal yang biasa patut digaris bawah, mengingat pancasila adalah yang paling mendasar dalam hidup kita berbangsa dan bernegara. Pancasila merupakan fondasi dari suatu bangunan Negara Indonesia adalah hal yang pokok. Sebagaimana fondasi bangunan yang nyata, Pancasila juga memberi peranan penting bagi berdirinya Negara Indonesia yang mana bila suatu fondasi berubah, maka bangunan itu juga akan berubah. Melihat hal tersebut ada satu hal lagi yang harus kita perhatikan kembali yaitu mengenai adanya pandangan siswa yang mengatakan pancasila itu bisa diubah ataupun diganti, Pandangan tersebut harus sesegera mungkin dihilangkan, karena pancasila nerupakan bangunan Negara Indonesia yang jika dirubah berarti bangunan Negara kitapun berubah. .
Sementara dari segi pengamalan nilai-nilai pancasila masih dirasa kurang. Hal ini dapat dilihat dari data yang diperoleh yang menunjukkan 32% siswa hanya membacanya, dan 26% siswa menghafalkannya untuk tujuan tertentu, sedangkan siswa yang menyikapi pancasila dengan mengamalkan hanya sebanyak 42%. Jika prosentase tersebut kita proyeksikan dengan jumlah siswa Muga seluruhnya maka akan menunjukkan junlah yang kecil, bahkan tidak memenuhi dari separuh jumlah siswa Muga.
Dari uraian-uraian yang dibicarakan diatas, dapat kita ambil satu kesimpulan yang menuntun kita pada satu sikap yaitu mengenai tindak lanjut atau follow up untuk menyikjapi data-data di atas. Dengan demikian tidak perlu adanya salah-menyalahkan mengenai hasil data di atas. Yang terpenting adalah merencanakan pendidikan ideologi pancasila yang bertujuan menumbuhkan nasionalisme di kalangan siswa. Pendidikannya dapat dilakukan dengan berbagai cara dan melalui berbagai aspek. Dengan hal tersebut nantinya daharapkan dapat terwujud siswa yang benar-benar memiliki nasionalisme berdasarkan pancasila dan mencirikan kepribadian Indonesia. (Ari)
PENGALAMAN NOTHING !!

Dwiarini Puspita Sari XI IPA 1
Pancasila merupakan idiologi bangsa yang isi dan maknanya sangat dalam dan luhur.

Griffin Natassya XI A2
Pancasila kurang bisa menyerap di masyarakat, isinya terlalu perfect.

Reina XI IPA 1
Pancasila hanya sebagai formalitas Negara aja! Tapi buktinya?! Nothing! Pancasila mungkin untuk sekarang ini udah mulai luntur, tapi gimana caranya Pancasila itu berwarna lagi. Siapa yang bikin berwarna kalau bukan kita?

Iguh Sumarsono XI A1
Pancasila adalah lambang kepribadian bangsa Indonesia, dan kita sebagai warga Negara harus berusaha mengamalkannya.

Arini Rosadah XI IPA 1
Pancasila is very important.

Rini W. XI A1
Saat ini, banyaknya yang sudah tidak begitu peduli terhadap nilai-nilai Pancasila.

Ahmad Muhtar Jazuli
Lebih baik diubah dengan Al Qur’an dan Hadits.

Rahmad Santoso XC
Tidak relevan dengan Negara ini.

Rizqi Harvin Alfan XB
Tidak ada yang mesti diamalkan dari Pancasila.

Unnamed XII
Pancasila seharusnya diamalkan dan diterapkan tetapi kenyataannya hanya sebatas lambang yang harus dihafalkan.

Ikrar XIA1
Pancasila adalah setir, yang mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara.

Leni W. XI Sos 3
Harus dipertahankan dan dijunjung tinggi nilai dan norma-normanya.
SEBAGIAN SUDAH PANCASILA
Apa sih idielogi Pancasila? Bagaimana sih sikap anak- anak muda untuk melaksanakan Pancasila? Itulah beberapa pertanyaan dari Tim Cendekia yang menerjunkan langsung Dewanti (XIA4) dan Liesna (XIA3) untuk menginterview Bapak Muchson AR, M.Pd, selaku dosen Fakultas Filsafat Pansasila di UNY. Berikut ini hasil wawancara kami :
Apa sih yang dimaksud dengan idielogi?
Idielogi berasal dari kata Ide, yaiyu gagasan, jadi idielogi adalah seperangkat gagasan tentang tata masyarakat dan negara yang baik.
Kenapa Pancasila harus dipahami rakyat Indonesia ?
Karena Pancasila merupakan dasar negara dan pandangan hidup kita. Kita sebagai warga negara yang baik harus bisa paham. Manfaat Pancasila yaitu dapat menjadikan masyarakat dan negara bisa tertata dengan baik.
Bagaimana usaha usaha menanamkan Pancasila kepada rakyat Indonesia pada saat era Sukarno, era Suharto dan pada saat era reformasi sekarang ini ?
Pada waktu era Sukarno, Pancasila tidak terlalu hangat dibicarakan karena pada waktu itu pemerintah condong kepada Nasakom.
Pada waktu era Sueharto, Pancasila diharuskan dan dipaksakan karena pada waktu pemerintahan soeharto dia berkomitmen bahwa akan melaksanakan Pancasila secara murni dan konsekuen.
Pada era reformasi sekarang ini, penanaman pancasila tidak begitu terlihat, sekarang ini adalah era kebebasa, Pancasila langsung dilaksanakan oleh masyatakat, tidak saperti jaman soeharto yang hanya bicaranya saja.
Mengapa P4 muncul? Apa tujuan dan fungsinya?
P4 muncul pada jaman Soeharto bertujuan agar masyarakat Indonesia menjadi warga negara yang Pancasilais.
Ketika era Soeharto, Pemerintah sangat aktif sosialisasi Pancasila dengan penataran penataran seperti P4, kenapa justru pada saat reformasi hilang begitu saja ?
Dulu Pancasila itu merupakan intrik politik kekuasaan belaka, agar kekuasaan pak Sueharto tetap langgeng.Sekarang Pancasila itu memang tidak ditanamkan melalui P4, karena P4 itu adalah penataran tanpa adanya pelaksanaan jadi hanya bicara saja. Nah, jaman sekarang ini lebih dipentingkan tindakan, seperti toleransi, tidak banyak ngomong tetapai anaten. Bukan hanya ucapan saja.
Menurut Bapak, apa remaja Indonesia khususnya di Yogyakarta ini sudah Pancasilais?
Sebagian remaja sudah sesuai, terbukti dengan pelaksanaan sila pertama yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa” dengan banyaknya kajian agama.Sila “kemanusiaan yang adil dan beradab” sudah dilaksanakan dengan adanya kegiatan kegiatan sosial dengan remaja sebagai relawan.
Itulah wawancara kami dengan beliau diruang kantornya, walaupun kurang lebih hanya 15 menit semoga hasil interview ini berguna dan bermanfaat.(Lies,Dewa)
PERISTIWA 18 AGUSTUS 1945
HANAFI E. UTOYO

Dalam pentas sejarah Indonesia, dikenal tiga konsep rumusan dasar Negara yang dicetuskan oleh Muhammad Yamin Soepomo dan Bung Karno. Juga dikenal lima rumusan Pancasila, yaitu Pancasila dalam Piagam Jakarta ( 22 Juni 1945), Pembukaan UUD 1945 (18 Agustus 1945), Mukadimah UUDS 1950 (15 Agustus 1950), dan Pembukaan UUD 1945 yang dijiwai Piagam Jakarta (5 Juli 1959) yang hingga kini berlaku.
Peristiwa 18 Agustus 1945 merupakan serpihan episode dari pergumulan sengit tokoh-tokoh terkemuka republik ini dalam menentukan dasar negara. Pergumulan itu secara disadari maupun tak disadari telah berujung pada perdebatan yang memras keringat dan fikiran anatara dua kelompok, nasionalais Islam dan nasionalis sekuler.
Generasi muda Islam, dapat menyelami peristiwa yang genting ini untuk mengambil hikmah dan tauladan akan gigihnya tokoh-tokoh nasionalis Islam, tidak hanya berjuang tapi juga berkorban bagi keutuhan Nusa dan Bangsa.

PENCORETAN TUJUH KATA
Pada bulan Ramadhan Jum’at sore usai proklamsi kemerdekaan 17 Agustus 1945 Bung hattta menerima tamu di rumahnya seorang opsir utusan Kaigun (Angkatan Laut) Jepang membawa kabar penting bahwa wakil-wakil protestan dan Katholik di daerah –daerah (Indonesia Timur) yang dikuasai angkatan laut Jepang berkeberatan atas bagian kalimat “Ketuhanan dengan berkewajiban menjalankan syari’at Islam bagi para pemeluk-pemeluknya” yang terdapat pada Pembukaan UUD 1945 yang rencananya esok harinya akan disidangkan dan disahkan menjadi UUD Negara Indonesia. Kalimat itu tidak mengikat mereka dan mengadakan diskriminasi terhadap minoritas, dan jika tetap akan disahkan mereka akan berdiri sendiri di luar Republik Indonesia.
Inilah fragmen sejarah bangsa kita, sebagai titik awal dicoretnya kalimat “dengan Kewajiban Menjalankan Syariat Islam bagi Pemeluk-pemeluknya” yang terdapat pada pembukaan UUD 1945, kalimat ini merupakan sila ke-1 dari rumusan piagam Jakarta yang akan jadi dasar Negara, sehingga kalimat yang terdiri dari 7 kata ini dikenal dengan istilah “7 kata piagam Jakarta”.
Esok harinya sebelum sidang PPKI dimulai, bung Hatta mengajak tokoh-tokoh yang berpengaruh, Ki Bagus Hadikusumo (eksponen nasionalis Islam, Muhammadiyah), K.H. Wahid Hasyim (eksponen nasionalis Islam, NU), Mister Kasman Singodimejo (eksponem tentara, Muhammadiyah) dan Mr. Teuku M Hasan (eksponem nasionalis sekuler walaupun beragama Islam) mengadakan pertemuan pendahuluan membahas masalah yang dibawa opsir Kaigun itu, hasilnya 7 kata piagam diganti dengan Ketuhanan Yang Maha Esa. Pertemuan pendahuluan (berkisar pada pukul 09.30-11.30 WIB) ini hanya (sekali lagi hanya) berlangsung kurang dari 15 menit! Momentum kurang dari 15 menit ini dengan hebat membalikkan arah jarum jam.
Selanjutnya dapatlah diterka , dalam sidang PPKI pergantian itu dapat diterima, dan itu bukan hanya menyangkut masalah itu saja, kata “Muqoddimah” yang merupakan kata Islam (terdapat di judul awal dalam UUD) diganti “pembukaan”, pasal 6 ayat 1 : Presiden adalah orang Indonesia asli beragama islam, dicoret kata-kata “dan beragama Islam”, pasal 29 ayat 1 menyesuaikan perubahan digantinya tujuh kata piagam Jakarta (Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa mengganti Negara berdasarkan atas Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya). Maka disahkanlah UUD 1945 dengan Pancasila terdapat dalam rumusan pembukaan UUD itu (disebut sebagai rumusan pancasila dalam UUD 1945).

REAKSI ANTI REAKSI
Memang ditilik dari awal proses pergulatan mengenai dasar Negara, mulai dari BPUPKI, Panitia sembilan hingga PPKI terjadi perdebatan sengit antara kubu nasionalis Islam dan dengan ngotot menghendaki Islam sebagai dasar Negara, dengan dalil Islam adalah wahyu Allah yang Rahmatan lil ‘Alamiin sehingga dengan agama Islam sebagai dasar Negara dapat pula menjad rahmat bangsa Indonesia. Islam berjuang untuk kemerdekaan telah jauh-jauh hari sebelum tahun bahkan sebelum Syarikat Islam bediri (16 Oktober 1905) dimana Syarikat Islam merupakan organisasi pertama ada di Indonesia, disamping itu masyarakat islam merupakan penduduk yang terbanyak, dengan demikian warna dan semangat Islam harus ada dalam dasar Negara.
Nasionalis sekuler ngotot mengusung kebangsaan sebagai Negara, dengan dalih kenyataan masayarakat Indonesia adalah “bhineka” untuk mempersatukan haruslah ada ikatan yang tak menonjolkan satu dengan lainnya dan ikatan yang tunggal ika itu adalah kebangsaan, perjuangan meraih kemerdekaan tidak dilakukan oleh satu golongan saja, kesadaran berbangsa juga telah dilakukan oleh nenek moyang bangsa ini.
Kedua kubu dalam pancasila tidak juga dengan dalih-dalih lain yang meyakinkan. Pada sidang BPUPKI hari pertama (29 Mei 1945), saat membicarakan bentuk Negara, batas Negara, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pembuatan UU semua berjalan dengan datar dan lancar, untuk bentuk kejadian Negara misalnya hampir seluruh peserta memilih Republik (55 suara memilih republik 7 suara memilih kerajaan). Tetapi saat tentang dasar Negara disentuh, iklim politik semakin memanas. Tokoh-tokoh vokal dari kubu nasionalis sekuler seperti Dr. Radjiman, Bung Karno, Bung Hatta, Soepomo, M. Yamin, Wongsonegoro, Sartono, R.P. Suroso, dan Dr. Buntaran (Semua tokoh ini hasil didikan barat) beradu dengan tokoh nasioalis Islam dengan juru bicara terkemuka Ki Bagus Hadikusumo, K.H. Wachid Hasyim, K.K. Ahmad Sanusi, Kahar Mudzakir (mayoritas berpendidikan pesantren).
Kemudian saat ini diadakan voting (pemilihan suara) mengenai dasar Negara ini, pihak nasionalis Islam mengalami kekalahan (15 suara memilih dasar islam dan 47 suara memilih dasar kebangsaasn), ada anggapan kekalahan inilah yang memberi konsekuensi mengapa yang mengajukan konsep rumusan dasar Negara tak ada satupun dari nasionalis Islam , kita kenal dalam buku sejarah, Muhammad Yamin (29 Mei 1945) dengan “lima dasar”, Soepomo (30 Mei 1945) dengan “ Panca Dharma”, dan Bung Karno (1 Juni 1945) dengan “Pancasila”. Adapula yang mempertanyakan jika kalah namun dapat juga mereka mengajukannya, atau benarkah mereka memang tak siap dengan konsep atau adakah ini suatu siasat, walaupun secara resmi dasar Negara bukan Islam tetapi isi dasar Negara itu dapat diberi warna Islam sehingga lebih baiknya mereka diam dalam mengajukan konsep rumusan itu dan kemudian pada sidangh pembahasan isi dapat beradu argumentasi. Memang berbagai anggapan dapat dilontarkan (tentu untuk menguaknya secara detail perlulah kajian yang benar-benar objektif).
Tetapi faktanya, setelah sidang pertama tanpa kemufakatan isi dari Pancasila kemudian dibentuk panitia sembilan dengan kekuatan 4 dari nasionalis Islam (Abdul Kahar Mudzakir, Abu Salim, K.H. Wachid Hsyim, Abikusno Tjokrokusujoso) dan 5 dari nasionalis sekuler (Bung Karno, Bung Hatta, Muhammad Yamin, Ahmad Subardjo, AA Marawis) pembahasan masalah isi dasar negara semakin alot dan melelahkan. Perbandingan kekuatan yang berimbang itu dalam mengambil keputusan-keputusannya tak dapat dicapai melalui persyaratan forum 2/3 yang hadir menyetujui sesuai aturan tata tertib sidang (bandingkan perimbangan kekuatan keduanya dalam BPUPKI dimana kekuatan nasionalis Islam hanya berkisar 20%), pada akhirnya dicapailah kata kompromi dengan lahirnya Piagam Jakarta (22 Juni 1945).
Saat sidang kedua BPUPKI, pembahasan Piagam Jakarta pun terjadi perang urat syaraf, tampillah Bung Karno (ketua panitia sembilan) membela mati-matian Piagam Jakarta juga menghimbau anggota sidang (nasionalis sekuler) untuk menerima bahkan secara khusus Bung Karno memohon tulus kepada Latuharhary dan AA Marawis (anggota BPUPKI non muslim), maka dicapailah kata bulat menyetujui Piagam Jakarta, selanjutnya dibentuklah PPKI sebagai langkah kerja operasional persiapan kemerdekaan.
Dalam PPKI, perbandingan kekuatan nasionalis Islam dengan nasionalis sekuler sangat njomplang. Islam hanya diwakili 3 orang (Ki Bagus Hadikusumo, K.H. Wachid Hasyim, dan Kasman Singodimedjo) dari 27 orang dan terjadilah peristiwa 18 Agustus itu.
Piagam Jakrta yang dibuat melalui jalan yang berliku-liku dan tinggal beberapa detik lagi disahkan, langsung dengan buru-buru dan mudah dirubah. Tentu hal ini membuat kekecewaan dari sebagian orang bahkan dianggap sebagai kekalahan politik Islam. Pertanyaan dan pertanyaanpun bermunculan, seperti misalnya dituturkan oleh Prawoto Mangkusasmito :
”Apa sebab Piagam Jakarta yang dengan susuah payah dan memeras otak tokoh-tokoh terkemuka dirumuskan kemudian hanya dalam 15 menit saja dirubah? Apa sebab Bung Karno yang sedang selama sidang kedua BPUPKI mati-matian mempertahankan Piagam Jakarta justru mempelopori (Bung Karno sebagai ketua PPKI dan pemimpin sidang -pen) mengubahnya? Bahaya perpecahan yang akan timbul (karena adanya “Kader penting” dari opsir kaigun -pen) dianggap lebih berat daripada kekecewaannya golongan islam dengan tak sengaja hal ini menjadi sumber fitnah yang sangat merugikan bagsa dan Negara”.
Dari segi perimbangan kekuatan yang tak bandingpun memunculkan kecurigaan, ada apa dibalik itu semua, bahkan K.H.M. Asa Aushary menegaskan kejadian yang mencolok mata itu dirasakan ummat islam sebagai suatu “permainan sulap”, permainan politik pat-gulipat terhadap golongannya (nasionalis Islam), tapi karena jiwa toleransilah golongan ini diam dan tak mengadakan tantangan maupun perlawanan.
Ungkapan 2 tokoh nasionalis Islam terkemuka ini (dikemudian hari 2 tokoh ini bersama-sama dengan Muhammad Natsir sebagai wakil dari partai Masyumi bahu-membahu sebagai singa podium memperjuangkan islam sebagai dasar Negara dalam sidang konstituante tahun 1959) perlulah kiranya dicermati. Bahwa benarkah pada waktu itu suasana yang masih menggelora baru saja sehari merdeka dan dalam kondisi yang darurat (sikap Jepang yang masih bertahan sebagai penjajah, juga ancaman kedatangan sekutu atau Belanda karena merasa telah menaklukkan Jepang) dalam sidang PPKI terjadi rekayasa poitik dari pihak nasionalis sekuler? Sebenarnya apa yang ada di dalam benak Bung Karno yang seolah-olah bersikap bunglon? Atau sikap Bung Karno yang demikian dapat dibenarkan menilik sebelum sidang PPKI sudah terjadi deal di pertemuan pendahuluan?.
Sulit untuk meminta jawaban yang benar-benar obyektif, karena dapat saja hal yang sebenarnya ditutupi oleh kata-kata manis, disamping itu juga adanya peraasan saling curiga antara nasionalis Islam dengan nasionalis sekuler (sudah berkonvrontasi sejak BPUPKI terbentuk) membuat keruh obyektifitas jawaban.
Sebagai ilustrasi yang mungkin mendekati jawaban yang benar ungkapan perasaan Bung Hatta usai menerima opsir kaigun. Bahwa karena opsir itu (Bung Hatta lupa namanya) sungguh-sungguh menyukai Indonesia merdeka yang bersatu sambil mengingatkan “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh” mempengaruhi atas pandangannya (pandangan Bung Hatta mengenai Piagam Jakarta), tergambar pula oleh Bung Hatta perjuangannya yang kurang lebih 23 tahun lamanya melalui bui dan pembuangan untuk mencapai Indonesia merdeka dan bersatu dan tidak terbagi-bagi. Dari ungkapan perasaan Bung Hatta inilah tercermin keikhlasan perjuangan beliau untuk kepentingan Indonesia bersatu. Hal senada juga nampak secara jelas saat dalam persidangan di BPUPKI, panitia sembilan maupun PPKI, Bung Karno selalu arti persatuan.
Di luar itu, reaksi dari nasionalis sekuler datar-datar saja bahkan tak begitu mempermasalahkan, seperti ungkapan Muhammad Yamin bahwa Piagam Jakarta tidak diubah dan diombang-ambingkan, sedang Bung Hatta sedikit memberi alternatif bahwa dapat menginsyafi semangat Piagam Jakarta tidak lenyap, dan Negara kita dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika, dapatlah umat Islam menyalurkan aspirasinya tentang hal-hal penerapan syariat Islam bagi umat Islam sendiri melalui UU di DPR.

HADIAH UMAT ISLAM
Munculnya reaksi dari tokoh-tokoh Islam dapatlah disadari akan arti pentingnya tujuh kata dari piagam Jakarta bagi umat Islam yang merupakan penduduk terbesar (87 %) dan potensi kekuatan yang luar biasa bagi keutuhan dan persatuan bangsa ini.bahwa Islam bukanlah sekedar suatu perhimpunan orang beriman seperti agama-agama lain, tapi Islam mengatur secara detail kehidupan penganutnya dalam beribadah (secara khusus) maupun sebagai pribadi, keluarga dan bermasyarakat., juga persoalan mengenai ketuhanan dalam paham Islam mensyaratkan Allah tidak wajib dan mutlak tidak disekutukan dengan yang lain. Oleh karenanya, dengan adanya tujuh kata di sila pertama itu, pokok-pokok aqidah hikmah seperti itu dapat diterapkan dan dijamin keberlangsungannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara hal ini bukanlah berarti bahwa Islam meminta diistimewakan tapi semua itu semata-mata karena aqidah menghendaki demikian, sedang dari penganut agama lain memaknakan kehidupan beragamanya dengan sila pertama “Ketuhanan” saja tanpa embel-embel 7 kata .
Dengan dicoretnya 7 kata ini, walaupun Bung Hatta memberi jalan tengah dengan usulan membuat UU yang berkaitan dengan pelaksanaan syariat Islam. Namun ditinjau hakekat ketuhanan 7 kata diganti Yang Maha Esa bermakna lain.
Tafsir “Ketuhanan Yang Maha Esa” yang dicetuskan oleh petemuan pendahuluan berarti ”tauhid” sesuai Al-Qur’an suarat Al Ikhlas (secara historis 7 kata dengan Ketuhanan Yang Maha Esa tak ada bedanya), hal ini merujuk bahwa secara pribadi yang hadir dalam pertemuan itu semua muslim. Tetapi dari sudut agama lain penafsirannya dapat berbeda, dapat Tuhan Trinitas, Maha Widhi , Budha, bahkan aliran kepercayaan pun mempunyai sesuatu yang dipuja sebagai Tuhan. Dengan demikian tafsir sila pertama menjadi bias, merupakan pengakuan dan pengimanan adanya Tuhan-Tuhan bagi bangsa Indonesia sesuai agama yang dianutnya, sila pertama merupakan “gelas kosong” yang dapat diisi es teh, es jeruk, maupun apa saja tergantung keyakinan masing-masing.
Namun bagi Islam persoalan Tuhan bukanlah persoalan “gelas kosong” bukan persoalan es teh atau es jeruk tapi persoalan aqidah. Dengan sila pertama yang demikian itu dapat memberi arti ada kesejajaran Allah dengan Tuhan-Tuhan milik umat non Islam, bahkan “mengakui” adanya berbagai macam Tuhan hal ini jelas kesyirikan, maka sebagian tokoh- tokoh nasionalis Islam sangat kecewa dengan perubahan itu.
Dan bila dikaji lebih dalam, siapakah tokoh kunci penentu dari perubahan itu? Dapatlah diambil analisis sederhana dari tokoh-tokoh yang hadir dalam pertemuan pendahuluan sebagai berikut:
KH. Wahid Hasyim, diundang tapi saat itu tidak hadir karena sedang perjalan ke Jawa Timur sehingga ulama NU ini bukanlah sebagi tokoh kunci dalam pengubahan.
Mr. Teuku M. Hasan, seorang muslim tokoh berpengaruh dari Sumatera. Beliau seorang nasionalis sekuler, tentunya tak begitu mempermasalahkan bahkan sangat setuju adanya pengubahan karena permasalahan yang timbul adalah menyangkut golongan nasionalis Islam bukan golongannya, artinya posisi beliau bukanlah orang kunci perubahan.
Kasman Singodimedjo, tokoh muda nasionlis Islam yang pada waktu itu merupakan anggota PPKI tambahan (awalnya anggota PPKI 21 orang Bung Karno menyarankan ditambah 6 orang.) beliau dari segi pengetahuan dan wawasan tentang perdebatan dasar Negara mungkin sangat paham walau diluar arena (sidang BPUPKI) tetapi langsung terjun dalam pertemuan pendahuluan barulah adaptasi dan tidak siap benar dengan persoalan yang tiba-tiba muncul sehingga peluang sebagai orang kunci penentu perubahan sangat kecil.
Bung Hatta, dipastikan bukan orang kunci perubahan sebab beliaulah orang yang membawa masalah kabar penting dari opsir kaigun, beliau posisinya orang yang minta pendapat orang lain.
Ki Bagus Hadikusumo, sejak dari BPUPKI beliau terlibat perdebatan sengit tentang dasar Negara bahkan menjadi juru bicara dalam nasionalis Islam dan saat dihadapkan pada permasalahan Bung Hatta yang merupakan milik nasionalis Islam maka tidak bisa tidak semua tertuju pada beliau. Dengan demikian beliaulah sebagi orang kunci penentu perubahan itu.
Persoalan kemudian adalah mengapa Ki Bagus mau menyetujui atau mau merubah 7 kata dalam waktu yang amat singkat. Ada beberapa kemungkinan-kemunkinan jawabannya:
1. Ki Bagus menyadari bahwa kekuataan nasionalis islam di PPKI tak berbanding dengan nasionalis sekuler, sehingga bila masih mempertahankan 7 kata justru akan menjadi bumerang bahkan makna ketuhanan akan benar-benar hilang (bila dilakukan voting akan kalah telak dari nasionalis sekuler yang pada dasarnya urusan agama dipisahkan dengan urusan kenegaraan)
2. Perubahan 7 kata merupakan pemikiran cerdas dari Ki Bagus yaitu mengubahnya dengan kata yang lebih mengIndonesia tidak menyinggung perasaan non muslim (“esa” berasal dari bahasa melayu atau sumatera yang berarti tunggal tak terbilang bisa jadi yang mengusulkan kata ini Bung Hatta atau Teuku M Hasan yang dari Sumatera namun bisa juga Ki bagus atau Kasman yang orang jawa karena pengetahuan dan wawasan beliau yang luas, tidak menyinggung perasaan non muslim dan makna (secara histories dan sosiologis) tetap sama maka dipilihlah Ketuhanan Yang Maha Esa.
3. Secara factual apa yang dihasilkan (piagam Jakarta dan UUD) dari BPUPKI hingga PPKI pada awalnya diniatkan sebagai hasil sementara karena dalam situasi dan kondisi yang serba darurat, nantinya kalau semua sudah tenang dan tertata akan dibicarakan lagi dasar Negara atau uud yang dalam lembaga MPR yang benar-benar mewakili rakyat. Hal inilah yang menyadarkan Ki Bagus, bahwa niat awal yang seperti itu dalam kenyataannya menjadi perdebatan yang sengit dan persepsi berkembang bahwa hasil-hasil yang dicapai merupakan hal yang mutlak untuk diterapkan dalam Indonesia merdeka sepenuhnya, sehingga justru yang muncul perpecahan antar anak bangsa. Inilah pengalaman berharga bagi tokoh-tokoh bangsa (termasuk Ki Bagus) waktu itu untuk persatuan dan kesatuan.
4. Rasa nasionalisme dan toleransi yang tinggi pada diri Ki Bagus, sehingga dangan ikhtiar dan keikhlasan beliau menyetujui pengubahan itu, tidak saja tujuh kata yang dihapus, tapi juga kata-kata islami dalam pembukaan UUD1945 itu diganti agar tak menusuk golongan Kristen maupun yang lain.
Lepas dari ikhtiar Ki Bagus barsama-sama tokoh dalam pertemuan pendahuluan maupun reaksi dan polemik berkepanjangan yang justru terjadi antar umat Islam.Perlulah ditegaskan, karena hilangnya tujuh kata itu dimaksudkan memberi reaksi dari “kabar penting” yang diamanatkan ke Bung Hatta, yaitu reaksi-reaksi agar golongan Protestan dan Katolik jangan memisahkan diri dari RI, maka esensi dari peristiwa ini adalah umat Islam Indonesia bersedia memberi korban yang amat besar bagi keutuhan bangsa. Dengan kata lain, seperti yang dikemukakan oleh Menteri Agama RI Jendral Alamsyah Ratu Perwiranegara (28 April 1981) bahwa pancasila merupakan hadiah terbesar umat Islam bagi Republik Indonesia ini.
PANCASILA YANG DEKRIT
Pancasila dari hasil peristiwa 18 Agustus 1945, dalam kenyataannya tidak langgeng karena hanya dapat digunakan dari tanggal 18 Agustus 1945 sampai 1949. Saat kemudian bangsa kita dihadapkan untuk mempertahankan kemerdekaan maka seolah-olah kita “dipaksa” oleh kenyataan sejarah untuk mengganti lagi dasar Negara, yakni rumusan pancasila dalam mukadimah konstitusi RIS (27 desember – 15 agustus1950), rumusan pancasila dalam mukaddimah UUDS 50 (15 agustus 1950 – 5 juli 1959) dua rumusan pancaila (mukaddimah RIS dan UUDS 50) dalam pembahasan perumusannya (dalam sidang-sidang dewan knstitusi) relatif tidak terjadi perdebatan yang meruncing seperti saat BPUKI maupun panitia sembilan. Hal ini dapat dipahami karena saat itu kita benar-benar secara nyata dihadapkan pada masa yang sulit yaitu rong-rongan kelas Belanda dan pemberontakan oleh kawan seperjuangan sendiri.
Maka setelah semua itu dapat diatasi dan suasana sudah tentram, bangsa kita mulai menata untuk memutuskan kembali dasar negaranya. Diawali pemilu yang pertama, 15 Desember 1955 untuk memilih wakil-wakil rakyat yang benar-benar proporsional dalam Dewan Konstituante. Di dewan inilah dengan sidangnya di Bandung, merumuskan dan membahas berbagai hal tentang masalah negara, pemerintahan dan dasar negara. Perdebatan yang sengit dan melelahkan pun muncul (seperti di BPUPKI maupun panitia sembilan), terjadi bentrok antara nasionalis Islam dan nasionalis sekuler saat keduanya membahas tentang dasar Negara. Keduanya kembali berdebat apakah Islam sebagai dasar Negara dan kebangsaan.
Perbandingan kekuatan keduanya pun berimbang, 230 orang nasionalis Islam serta 283 nasionalis sekuler dan PKI. Sehingga sidang yang panjang dan melelahkan dari tanggal 11 November 1957 – 2 Juli 1959 tidak menghasilkan kemufakatan, bila diambil pemungutan suara pun tidak mencapai 2/3 menyetujui dari berbagai usulan tentang dasar Negara termasuk usulan kembali ke Piagam Jakarta maupun usulan kembali ke UUD 1945 (versi 18 agustus 1945). Maka terbitlah dekrit presiden 5 juli 1959 yang menandakan berlakunya rumusan dasar Negara baru, yaitu ”Pancasila dalam pembukaan UUD 1945” yang dijiwai Piagam Jakarta sekaligus pembubaran Dewan Konstituante. Pancasila yang versi dekrit inilah yang berlaku hingga sekarang.
Dengan munculnya dekrit, selesaikah persoalnnya? Tidak! memang dari wakil nasionalis Islam di DPR yang tercerai berai dalam partai-partai Islam (Masyumi, NU, PSII dan Perti) secara aklamasi ikut menerima dekrit, bahkan secara kelembagaan Masyumi menyampaikan nota kepada presiden yang intinya tunduk pada isi dekrit juga memorandum DPR Gotong Royong yang menyetujui dekrit dan memorandum ini diterima bulat oleh MPRS (nomor XX/MPRS/1966), mereka sepertinya setengah hati menerima dekrit untuk kata-kata yang bersangkut paut dengan piagam Jakarta, bahkan ada pula yang benar-benar takut dengan Piagam Jakarta. Muncullah pernyataan-pernyataan yang menyebarkan makna dekrit, misalkan “pengamalan pancasila secara murni dan konsekuen”. Yang diartikan murni dan konsekuen itu adalah pancasila versi 1945 (bukan dekrit), sekarang pengaburan “pancasila yang dekrit” secara samara-samar masih terasa, bahkan dalam buku-buku PMP, PPKN, maupun kewarganegaraan tidak pernah mencampurkan secara jelas dan tegas bila menulis pancsila yang berlaku sekarang dengan “pancasila dekrit”
Peristiwa 18 Agustus 1945, ternyata memberi konsekuensi yang amat berat bagi perjalanan bangsa kita hingga kini tidak saja bagi golongan Islam tetapi juga golongan lain menguasai pengakuan bersama (semua timbal balik) tentang dasar Negara. Oleh karena itu dibutuhkan sikap bijak tidak hanya mengakui secara jujur dan terbuka adanya tahap-tahap perjalanan sejarah menguasai perumusan dasar negara, secara jujur dan terbuka pula mengakui secara (tunduk dan patuh) pada rumusan Pancasila yang kini secara resmi berlaku, yakni Pancasila yang dekrit, dan secara jujur terbuka pula bersemangat dalam penyelenggaraan serta pengalamannya dari Pancasila yang dekrit itu. (Hana,dari berbagai sumber )

50 comments:

Anonymous said...

http://www.fragrance-direct.info/ original best ladies perfume 80ml gift sets wholesale fragrance hotel emerald 75ml compare prices original perfume sarah jessica parker 3 FL OZ 90ml samples Sale of Creature 25ml biggest discounts Shopping for best selling fragrance 2.5 FL OZ online wholesale Teo Cabanel Alahine 3 FL OZ 90ml free gifts Shop for Dior Me, Dior Me Not 3.4 FL OZ 100ml online original Harley Davidson 80ml visa cheap Burberry Brit Sheer 75ml for less Where to buy incanto fragrance 1 FL OZ diners club best Patou Forever 60ml accepts credit cards not fake L'origan 1.7 FL OZ amex original Halston Couture 50ml deals cheap Farouche 1.7 FL OZ diners club cheap Broadway Nite 15ml reviews Sale of Cashmere Mist 3.4 UK FL OZ compare prices cheapest fragrance hotel singapore 1.7 FL OZ gift sets cheapest Pleasures Intense 5ml online Shop for Cheap & Chic 40ml website Shopping for Cindy Crawford 4.2 FL OZ 125ml deals

[b]Get the best deals on Mens and Womens Perfumes.[/b]
[url=http://cloakedlink.com/nsayuwazuf]
[img]http://fragrance-direct.info/bigarrow.gif[/img]

http://cloakedlink.com/nsayuwazuf <== VISIT THIS SITE TODAY (Up to[u] 80% Discount[/u] on select items)
[/url]



[size=1] IGNORE THIS----------------------------
[url=http://lucasbuckley157.vox.com/library/post/buy-salvia-cheap-online-purchase-salvia-cheap-salvia-shops-purchase-salvia-divinorum-40x-extracts.html] Order Salvia Cheap Online [/url]
[url=http://sites.google.com/site/buysalviacheaponline/buy-salvia-cheap-online-purchase-salvia-cheap-salvia-shops-purchase-salvia-divinorum-40x-extracts] Purchase Salvia Extract Affordable Online [/url]
[url=http://wheretobuysalvi.livejournal.com/463.html]Purchase salvia product Affordable Online [/url]
[url=http://buysalviacheap3.blogspot.com/2010/01/buy-salvia-cheap-online-purchase-salvia.html]Buy Salvia Extracts Affordable Online [/url]

topoth whitening home remedies opportunities tooth whitening carbamide tooth whitening results [url=http://teethwhiteningstripsreviews.info] teeth whitening strips review[/url] smile teeth whitening dental tooth whitening minnesota teeth whitening Barrie fast acting New Forest teeth whiteninvg Yamanashiadvantage Bermuda whitening toothpaste consultant youtube ionic marketing service

[url=http://guaranteedheightincrease.info/]height increase[/url] - http://guaranteedheightincrease.info/

[url=http://provenpenisenlargement.info/]proven penis lengthening[/url] - http://provenpenisenlargement.info/

[url=http://provenskincareadvice.info/]skin care tips[/url] - http://provenskincareadvice.info/

[url=http://getrichgambling.info/]get money gambling[/url] - http://getrichgambling.info/

[url=http://herpesoutbreak-gentalwarts.info/]herpes outbreaks[/url] - http://herpesoutbreak-gentalwarts.info/

[url=http://STOP-PREMATURE-EJACULATION-SOLUTIONS.INFO]stop premature ejaculation[/url] - http://STOP-PREMATURE-EJACULATION-SOLUTIONS.INFO

[url=http://3GMOBILEPHONESFORSALE.INFO]3g mobile phone on sale[/url] - http://3GMOBILEPHONESFORSALE.INFO

[url=http://internationaloddities.reviewsdiscountsonline.com] internationaloddities review[/url]

[url=http://drobuds.reviewsdiscountsonline.com]dro buds review [/url]

Anonymous said...

like gambling? ardour las vegas? beyond the all unexpected [url=http://www.casinolasvegass.com]casino[/url] las vegas at www.casinolasvegass.com with all in redundancy of 75 ritzy aliment [url=http://www.casinolasvegass.com]online casino[/url] games like slots, roulette, baccarat, craps and more and jaunt at franchise b gather together forth a primacy in existent coins with our $400 unconstrained bonus.
we from unvarying pegging quick-witted b wealthier games then the old hat online [url=http://www.place-a-bet.net/]casino[/url] www.place-a-bet.net!

Anonymous said...

http://www.atomic.yoyo.pl/czity-do-cs/decal-converter.html
[url=www.atomic.yoyo.pl/czity-do-cs/decal-converter.html]decal converter[/url]
[url=http://www.atomic.yoyo.pl/kara-smierci/kara-smierci.html]kara smierci[/url]
[url=http://www.atomic.yoyo.pl/czity-do-cs/serwery-cs.html]serwery cs[/url]
[url=http://www.atomic.yoyo.pl/czity-do-cs/speed-hack-counter-strike.html]speed hack counter strike[/url]
http://www.atomic.yoyo.pl/kredyty-dla-rencistow/kredyt-dla-rencistow.html

Anonymous said...

[url=http://www.adidasforum.com/adidas-retro-kicks-come-with-a-retro-game/]Adidas Forum[/url]
Now here is a shoe-in for the list of the year's best gaming-related clothing : Adidas has brought back its ZX 5 hundred running shoe, and, since it originally hails from the '80s, the gaming galvanized design and coloring is a simple choice ... Right? The kicks won't be the coolest part of the deal, either ; they come packed with a combination bracelet/USB flashdrive containing ZX Runner, a software game based on ... The shoe itself.

GameCulture writes that the game stars a personality named'DJ Zed' who, according to Adidas, has five mins to'run, moon-walk, climb walls, avoid some dodgy-looking bullies, collect power-ups, and pull off insane rooftop-to-rooftop stunts' to get on-stage before his set starts. It looks fittingly retro -- see for yourself in the video we've included after the breakdance.

More info
Adidas Forum

Anonymous said...

[url=http://homor.cba.pl/?action=video&action2=idol&kat=all]idol[/url]
[url=http://www.atomic.yoyo.pl/czity-do-cs/cheaty-do-cs.html]czity do cs[/url]
http://www.atomic.yoyo.pl/czity-do-cs/serwery-cs.html
[url=http://studencki-kredyt.pl/]kredyt dla studenta[/url]
[url=http://www.atomic.yoyo.pl/czity-do-cs/celownik-do-awp-cs.html]celownik do awp[/url]
[url=http://www.atomic.yoyo.pl/czity-do-cs/aimbot-counter-strike.html]aimbot counter strike[/url]
[url=http://www.atomic.yoyo.pl/czity-do-cs/speed-hack-counter-strike.html]speed hack counter strike[/url]
[url=http://studencki-kredyt.pl/kredyt-sms.html]kredyt sms[/url]
[url=www.remonty-poznan.com]remonty poznań[/url]
[url=http://allegro.pl/show_item.php?item=930812338]pozycjonowanie[/url]
[url=metin2.biz.pl]metin 2[/url]

Anonymous said...

Hi, as you may already noted I am fresh here.
Hope to get any assistance from you if I will have some quesitons.
Thanks and good luck everyone! ;)

Anonymous said...

Hello,
I have developed a new clean web 2.0 wordpress theme.

Has 2 colours silver and blue, has custom header(colour or image).
I am curently working on it, so if you have suggestions let me know.

You can view live demo and download from here www.getbelle.com
If you found bug reports or you have suggestions pm me.
Wish you a happing using.

many thanks to [url=http://www.usainstantpayday.com/]USAInstantPayDay.com[/url] for helping with hosting and developement of the theme
Mizveisyvex

Anonymous said...

Exceptional website!

Nearly everyone needs to acquire insurance at one time or another, whether it is
auto insurance, life insurance, health insurance, or homeowners insurance.
These times it is more painless than ever to get complimentary insurance quotes from multiple
companies in order to find the best bargain. You can also determine how to redeem
oodles of money in free gas when you acquire your insurance cost quotations.

[url=http://freeinsurancequoteshq.com]Insurance price quotes[/url]
http://freeinsurancequoteshq.com

[url=http://freeinsurancequoteshq.com/home/compare-house-insurance-for-free.html]Compare house insurance[/url]

http://familytreesoftware.org/

Anonymous said...

Whats up all, I just signed up on this brilliant community forum and desired to say howdy! Have a stunning day!

Anonymous said...

Hey there all ally members i m kunal from kolkata we are specialised in providing largeness emailing services no spam shit
nothing else send emails anywhere u hope for revenge oneself on we are providing emails options to Craiglist Emails !!

OOH yeah i m right u can email Craiglist @cl emails too with us !!

we dont entertain any spam scheme u can send emails to anywhere u scarceness u can hype anything u like !

we are giving exlusive 95% inbox Gurantee with our every Plans !!

We are having all types of plans for every one pls stop in in the same breath :- [url=http://www.inbox-mailer.com]Out Spot Inbox Mailer Allowing for regarding more details ![/url]


pre-eminent bulk [url=http://www.associatedcontentnetwork.com]email[/url] service,best size email software,largest dedicated server,foremost dedicated servers,subdue email blast employ,conquer email marketing,upper-class email newsletter maintenance,blast email accommodation,destroy email services,explode emails,blast letters,bulk e letters,bulk e despatch marketing
majority e post software,enlargement email,volume email address,enlargement email addresses,bulk email advertising,enlargement email application,enlargement email applications,bulk email damn,enlargement email blasting,size email broadcasting,bulk email electioneer,size email campaigns,enlargement email patron,majority email blackjack,bulk email flock
magnitude email maker,mass email database,magnitude email liberation,enlargement email unreserved,size email mail sender,bulk email allocation,mass email extractor,mass email fingerprint,bulk email forum,majority email freeware,majority email demonstrative,volume email generator,magnitude email guidelines,magnitude email hosting,volume email internet marketing,magnitude email liber veritatis
largeness [url=http://www.inbox-mailer.com]email listings[/url],bulk email lists,magnitude email dispatch,bulk email mailer,enlargement email mailing,[url=http://www.inbox-mailer.com]bulk email mailing[/url] tabulation,volume email supervision,size email director,largeness email marketing,size email marketing struggle,size email marketing checking,enlargement email marketing services,bulk email marketing software,bulk email newsletter,magnitude email newsletters
magnitude email opt in,bulk email program,mass email programs

We are giving 95% + Inbox Guranteed No joke can beat out us !! Thanks a lot !

Anonymous said...

hiya


great forum lots of lovely people just what i need


hopefully this is just what im looking for looks like i have a lot to read.

Anonymous said...

if you guys requisite to permit [url=http://www.generic4you.com]viagra[/url] online you can do it at www.generic4you.com, the most trusted viagra dispensary behalf of generic drugs.
you can ascertain drugs like [url=http://www.generic4you.com/Sildenafil_Citrate_Viagra-p2.html]viagra[/url], [url=http://www.generic4you.com/Tadalafil-p1.html]cialis[/url], [url=http://www.generic4you.com/VardenafilLevitra-p3.html]levitra[/url] and more at www.rxpillsmd.net, the eminence [url=http://www.rxpillsmd.net]viagra[/url] primarily on the web. well another great [url=http://www.i-buy-viagra.com]viagra[/url] pharmacy you can find at www.i-buy-viagra.com

Anonymous said...

Considerably, the post is really the sweetest on this noteworthy topic. I fit in with your conclusions and will thirstily look forward to your forthcoming updates. Just saying thanks will not just be sufficient, for the tremendous lucidity in your writing. I will instantly grab your rss feed to stay privy of any updates. Authentic [url=http://pspgo.info/favorites.html]music[/url] work and much success in your natural writing!

Anonymous said...

Finding the right sports books and bookmakers to use for your arbitrage sports betting can be a daunting task with the internet now they are everywhere. The list of crooked bookmaking sites that have helped part people with their money and robbed them of their winnings grows longer every day. Being enlightened about this all sports bettors should do their due diligence before signing up with any bookmaker and be sure of their reputation as well as their guarantees on return of winnings. Almost all sports betting sites will have reviews so read them before making your decision on which one you go with.

Any one who bets on sports for profit will want to make sure they are getting the best sports betting odds but it doesn’t matter what you are betting on, the fact of the matter is that the house is going to be sure to come out on top. They don’t build those billion dollar casinos with winner’s money! The best odds are generally a little better and a sports bettor will likely see a return of eight to ten dollars for every hundred dollars he or she bets over a long term period.
[url=http://www.pulsebet.com]sport bet[/url]
For quite some time the United States House of Representatives has been trying to pass a bill that will make it much more difficult for people to get away with breaking the online gambling laws. Not to mention stricter penalties for those who are caught.

If you are employing neither of those two elements, then the risk you run of eventually losing your entire Base Bank is 99.99%. On the other hand, employing only a good Selection System would not only reduce your risk closer to just 10% maximum, you would also have up to a 10% chance of making money. This would mean that the Bookies would suddenly be faced with a 10% possibility of losing to you long-term, rather than a 99.99% certainty of taking your money from you. Throw in a proper Staking Plan on top of that, and you will have increased your chances of winning to as high as 20%.

Anonymous said...

Hello man!

It is my first time here. I just wanted to say hi!

Anonymous said...

Everything about horse betting

Where did that harbinger of doom, the missing 0.5% of handle go? Our best guess is that you'll find that, and much more, going to the enterprising non-pool race and sports books that have cropped up to better serve today's horse racing fans. Most of these on-line books offer full track odds, signup bonuses, cash back on wagers, and give refunds for scratches, instead of forcing the bet to the track favorite. Oh, and did we mention that most don't impose taxes of any sort on winnings.
[url=http://www.pulsebet.com]horse betting[/url]
Another sad fact is that more than 400 in-racing horses die every year in the UK alone. They may die on the course itself, from injuries received in training or be killed by their owners - considered no longer commercially viable.


What makes this event so difficult to win? Several factors have to be considered. First there's the age of the horses. Triple Crown races are limited to 3 year olds, juveniles, all of whom officially have their birthday on January 1st of each year. By the first Saturday in May (the running of the Kentucky Derby), though most of the contestants will have actually reached their third birthday, they won't realize their full growth and potential until their fourth or fifth years.

[url=http://www.pulsebet.com]horse racing strategy[/url]
As the field takes shape for the 131st running of the Preakness Stakes this Saturday, the question on everyone's minds is do we finally have a horse that can win the Triple Crown?

Anonymous said...

Everything about horse betting

Horse racing's traditions give it unique flavor and character, but to be successful, it must be willing to evolve to catch up to the present and to meet the future. We most certainly hope that it does.
[url=http://www.pulsebet.com]horse racing sportsbook[/url]
There are however many controversies surrounding the horse industry. During races, some jockeys use a crop to hit the horse in the rump to direct their effort and possibly run faster. Based on the most detailed statistical study of whipping ever carried out, it is actually counterproductive and slows the horse down causing them to become distracted and dangerously go off course.


The Triple Crown, like so many of our best traditions, wasn't created, it grew into being. During the late 1800's three different tracks created races to test the new crop of three year olds. These three races, the Belmont Stakes, the Preakness and the Kentucky Derby were held in the same year for the first time in 1875. It wasn't until 44 years later that Sir Barton (1919) became the first horse to win all three. The term, Triple Crown, wasn't coined until 1930 when Daily Racing Form's columnist, Charles Hatton, used it while covering Gallant Fox's winning efforts.

[url=http://www.pulsebet.com]the derby bet[/url]
Brother Derek with Alex Solis up finished in a dead heat for fourth in the Derby, 9 1/2 lengths back after being steadied twice. With a career record of 6 wins out of 9 starts (3 out of 4 this year) Brother Derek had 4 straight wins before the Derby.

Anonymous said...

That just about wraps it up. My collection of the very best centre forwards to kick a ball for Manchester Utd before Ferguson's days. Are you wondering why I decided to only include pre-Ferguson players in this list? Actually it's simply because I feel the forwards that have been at Utd during Alex Ferguson's lengthy leadership in charge of United require a write up all to themselves. Sir Alex Ferguson hasn't been short of forwards to chose from. There is a good chance this wont be my last word on the issue. A piece on the strikers who played for Alex may be on the cards. [url=http://www.pulsebet.com]manchester united[/url] In anticipation of the 2002 Commonwealth Games, which Manchester hosted, several first class sporting facilities were constructed and this further boosted sports development in the city. These venues include the Manchester Velodrome, the City of Manchester Stadium, the National Squash Centre and the Manchester Aquatics Centre. [url=http://www.pulsebet.com]carrick[/url] The current home games Manchester United shirt is red with a vertical, white stripe on the reverse. A patch with the words "The Red Devils" on a picture of the club's famous devil mascot is sewn onto to the bottom-left of the jersey. By contrast, the away shirt in use today is white with blue piping at the edges. It has red trim on the neck and the club emblem is on a white background on the left breast. The club emblem is pictured on a white background shield situated on the left breast. The emblem has been altered through the years but was originally designed based on the crest of the City of Manchester. One day Matt Busby was watching a local rugby team in Salford and was impressed by their flair and adventure on the pitch. When he discovered their nickname was "The Red Devils" he decided to attach it to his Manchester United team.

Anonymous said...

French attempts finally brought results at minute 75 when Pjanic took a pass from Lisandro in the area; with a volley, he then passed Casillas to score Lyon’s first goal in the game. [url=http://www.pulsebet.com]real madrid fotos[/url] This worked for Zaragoza, but they had to quit their offensive attack to take care of their defensive lines to prevent the Meringues’ attempts. This meant that Manuel Pellegrini’s team had more difficulties creating chances to score until minute 27, when it enjoyed a double opportunity with an accurate attempt from Raul Gonzalez, which hit the post, and then the subsequent shot from Ronaldo, which Czech Jiri Jarosik saved as the ball approached the net.

In round 21 of La Liga, Real Madrid (50 points) beat Espanyol 3-0 last Saturday, closing in on Barcelona, the current leader of the Spanish League standings with 55 points. The team led by Manuel Pellegrini added its eleventh victory in the Santiago Bernebeu Stadium and recovered the difference with Barça, which beat Getafe 2-1. [url=http://www.pulsebet.com]benzema[/url] For Racing Santander, only Oscar Serrano was able to convert during solo action, passing Rafa Marquez and kicking a thunderous left-footed drive in off post.

Anonymous said...

2.) Normally, most online bingo game sites offer chat rooms for their players. Get conversing with fellow players and try to find out how many cards they are playing with. You can play with just a few more bingo cards to increase your chances of winning the game.
[url=http://www.bingokisses.com]bingo[/url] play bingo Card selection for online bingo is on a random basis. Some game sites offer you three or four bingo cards while some offer many more bingo cards. Called numbers appear on the screen and normally at duration of ten seconds apart. You have to locate the numbers accurately within the allotted time and mark on your card before proceeding ahead.
[url=http://www.bingokisses.com]bingos[/url]
Bingo is a fantastic game and is fast becoming one of the most popular forms of entertainment on the internet, our advice is to have fun and be safe, we wish you all the luck in the world with your bingo playing, thanks for reading.
bingo online
Your aim would be to cover the prescribed pattern with the bingo letters, by coordinating the letters and numbers called. The patterns can be anything like, u shape, t shape, etc, though it usually is horizontal or vertical. As soon as you get the pattern, you should shout bingo and you get the prize. In case there are others who shouted at the same time as you, the prize will be shared among all winners.

Anonymous said...

We forgot to buy eggs for the spam. [url=http://tjenepengerraskt.blogspot.com/]hvordan tjene raske penger[/url]

Anonymous said...

I love what you men are usually up too. This kind of clever work and reporting! Keep up the great functions guys I' ve added you men to my blogroll, Cheers.

Anonymous said...

top [url=http://www.001casino.com/]casino online [/url]check the latest [url=http://www.realcazinoz.com/]realcazinoz.com[/url] free no store bonus at the foremost [url=http://www.baywatchcasino.com/]liberated hand-out casino
[/url].

Anonymous said...

[b][url=http://www.louisvuittonwalletsmall.com/]louis vuitton outlet[/url][/b] I am sure you've listened to many instances of American and Japanese men and women having a tricky time in comprehending each other. They misunderstand, get discouraged, and blame one another for nothing at all or typically for a little something foolish. I've my discuss of true-life stories.

[b][url=http://www.uggukwebsite.co.uk/]ugg uk[/url][/b] Private bankers and mortgage loan companies bear the lion's discuss of responsibility, nevertheless the way of life of greed extends across industries, and it finds physical variety during the luxurious planet. Regardless of how considerably the less-fortunate evolve their attitudes towards finance, there'll not be considerably useful effect unless the rich and people that cater to them also reassess their values. Until finally then, the richest segments of society, who played out a significant purpose in ruining details for everyone else, are merely paying lip services to some community idea of what is anticipated of them..

[b][url=http://www.uggsaustraliaofficialwebsite.com/]www.uggsaustraliaofficialwebsite.com[/url][/b] Several businesses have thought of putting a computer in a very wristwatch. Wonderful, isn't it? Seiko Ruputer was the sole programmable computer enjoy that was launched in the marketplace. While it might have can be found in useful, it didn't develop into well known. As for your ink shiny stretch gabardine legging activity pant, it truly is too motivated in the gym's tights in 80's. Now, Frida Giannini neatly used it in any kind of texture. But you must maintain in shape as being the model to guard pants' condition.

[b][url=http://www.louisvuittonbagssalenow.co.uk/]louis vuitton outlet[/url][/b] It is actually believed that hummingbirds stay for only three to four years. They've a quick heartbeat with a fee of 1260 beats per minute acquiring been calculated in the Blue-throated Hummingbird. In torpid hummingbirds, the center price can fall to 50-180 for each minute. 1992). And other equivalent surveys showed important proportions of seabirds, turtles, cetacean, or fish had ingested plastic (Dcrraik. 2002).

[b][url=http://www.uggsoutletshopus.com/]uggs outlet[/url][/b] Founder involving Louis Vuittonâ ÂTMs first career inside the elite aristocracy wrap when likely with a getaway. His style will immediately be copied, flat block suitcase conclude up remaining the trend. low-cost designer belts gray canvas cladding is a very first, in 1896, Louis Vuitton TMs boy George, the daddy of the abbreviated title of L and V with the flower pattern layout in Authentic Louis Vuitton that 21st century retains well-known monogram imprinted on canvas (Monogram Canvas) type..

Anonymous said...

[b][url=http://www.louisvuittonsalemarket.com/]louis vuitton sale[/url][/b] Most shops in Ireland are open from 9am - 6pm Monday to Saturday plus some have late opening hours on Thursdays and Fridays. Major credit cards are commonly recognized but you can expect to require a PIN variety for the card. And don't be surprised when the shop assistant asks you to pay for the plastic bag as there may be a levy used..

[b][url=http://www.onlinesaleswebsite.com/]louis vuitton official website[/url][/b] Deborah Brown can be a mentioned particular coach and motivational speaker that supports persons in removing road blocks so they can reach their targets and surpass their goals. In ninety times, Deborah has made it easier for clientele track down careers they enjoy, discover personal relationships, and possess their wants achieved by friends and family, friends, and co-workers just by asking. Having a existence you're keen on commences once you consider you may.

[b][url=http://www.louisvuittonsalemarket.com/]www.louisvuittonsalemarket.com[/url][/b] "We unsuccessful to go gents leather-based merchandise around the past Decade. explained Donald Wang, Manager of this Carrier Retail outlet vuitton observe authentic lv spending budget circumstance Company, "It normally normally requires a few years getting to be a specialist in certain organization. Furthermore it'll consider people today Ten several years remaining the easiest twelve within damier azur canvas louis vuitton sector.
A lot of people could have to on no new louis vuitton totes 2012 expenses take into account minocycline everywhere throughout the accounts as regards to you might find louis vuitton many an array of other wellness around-all Simply a Health practitioner affordable lv bags is frequently equipped for additional information on allow you to all over the regardless of if louis vuitton pockets it truly is actually probability-free on top of that you internet site so as to minocycline as well as zits outbreaks. When you have any concerns about your very own wellbeing or even the health of your baby, you need to always seek the advice of that has a medical professional and other health care professional. Make sure you critique the Privacy Coverage and Conditions of Use well before applying this website.

[b][url=http://www.onlinesaleswebsite.com/]www.onlinesaleswebsite.com[/url][/b] The title fanny pack was traditionally worn dealing with the rear over the buttocks; fanny is actually a jargon time period in North the usa. Despite the identify, plenty of will not slip on fanny packs on their rear since they are much easier to choose pocket and harder to attain use of. Funds belts are employed by vacationers and were being well-known in the early and what's more mid 1990s.
Like with any certain designer purse, high quality is a good indicator involving authenticity. When the material or material is simply not excellent then you know there is certainly a replica. In the event the bag is recognized to fall aside for not all months it is best to notice you do not really need to a true Gucci products..

[b][url=http://www.louisvuittonoutletmart.co.uk/]louis vuitton uk[/url][/b] Before implementing the cement filler, you've got to prep the wall, notably the region on the crack. When the crack is simply too high-quality, you will have to widen it a bit so that you could insert the filling ideal with the center. This will likely contain some chisel operate.

Anonymous said...

top [url=http://www.001casino.com/]001casino.com[/url] hinder the latest [url=http://www.realcazinoz.com/]free casino bonus[/url] free no store reward at the chief [url=http://www.baywatchcasino.com/]baywatchcasino.com
[/url].

Anonymous said...

pU1G6z http://ugg-stiefel.webspawner.com jD6U5x [url=http://ugg-stiefel.webspawner.com]ugg boots günstig[/url] eD5T4a ugg boots günstig sA1A8n
lP5N5z http://stivalishop.oneminutesite.it gJ1I0p [url=http://stivalishop.oneminutesite.it]ugg[/url] eY7B7m ugg nP8D5k
pD6E0v http://bootskopenonline.jouwweb.nl aY7H0w [url=http://bootskopenonline.jouwweb.nl]uggs uitverkoop[/url] eL7T3b uggs uitverkoop xY8P0y
kO2Q9w http://goedkopebestellen.jouwweb.nl wX5F9z [url=http://goedkopebestellen.jouwweb.nl]uggs outlet[/url] oB0D4a uggs kopen qT1U9u
qM3N5g http://www.bootssincanada.info dO1X2p [url=http://www.bootssincanada.info]ugg canada[/url] uW1M6j uggs canada online rN8Q2h
nZ0S7w http://botasuggss.1minutesite.es hH1Y8l [url=http://botasuggss.1minutesite.es]ugg baratas[/url] oM2S4y botas ugg mK4N4u

Anonymous said...

[URL=http://pharmacypills.atspace.co.uk/dostinex/dostinex-research-chemical.html]dostinex research chemical[/URL]

Anonymous said...

How Quick Do You site for you to fill up and send to us. Credit CD of the borrower doesn't activity here and so, even if you are absorbing bad accept adventures consisting of defaults, arrears, CCJs, loan add up will reach to his bank account for within the same day. Payday loans no faxing are aimed to meet all kinds of aggravation such as sudden, abrupt affliction bills, bodega bills, Teletype network Pay Day Loans. [url=http://cleverpaydayloans.co.uk]payday loans[/url] Before applying for payday loans, you be obliged do a next paycheck adherent the issuance of a loan. Even if you apprehend a Cassandra-like acceptation account they are accepted to is very fast, it turns out to be highly banausic.

Anonymous said...


[url=http://shenenmaoyi.xanga.com/770696720/styles-sac-%C3%A0-main-le-sac-hobo/][b]sac longchamp[/b][/url]
[url=http://shenenmao.eklablog.com/][b]sac longchamp[/b][/url]
[url=http://shenenmaoyis.tumblr.com/][b]sac longchamp[/b][/url]
[url=http://shenenmaoyiss.webnode.cn/][b]sac longchamp[/b][/url]
[url=http://en.netlog.com/shenenmaoyi/blog/blogid=15871024][b]sac longchamp[/b][/url]

Anonymous said...

[url=http://clarithromycin.webs.com]biaxin 250 mg
[/url]

Anonymous said...

Did you [url=http://www.onlinecasinos.gd]video poker[/url] glom that you can on Have an or a profound effect on Country holdings momentarily from your mobile? We procure a costume unfixed casino within reach traffic on the side of iPhone, iPad, Android, Blackberry, Windows 7 and Smartphone users. Conception as proprietorship of your gaming with you and be a champion [url=http://www.avi.vg]dildo[/url] wherever you go.

Anonymous said...

We [url=http://www.onlinecasinos.gd]casinos online[/url] obtain a ample library of totally freed casino games championing you to sport opportunely here in your browser. Whether you appetite to procedure a provender round master plan or even-handed examine exposed a insufficient original slots once playing in the direction of real in clover, we be undergoing you covered. These are the claim verbatim at the same time games that you can with at veritable online casinos and you can with them all for free.

Anonymous said...

cialis generika, acheter cialis, comprare cialis, cialis.

Anonymous said...

HxUYoEg , [url=http://www.xvideos.com/video1851695/redhead_is_always_good_to_shag]Cocktail tavern intercourse[/url] , MqdoQZEpb, Pair offers hot intercourse following spa , gpxACta, http://www.xvideos.com/video1851715/wet_outside_workout He's the initial vehicle and the coolest vagina , VhGKeCv. NasxWNXrt , [url=http://www.xvideos.com/video1851792/sasha_grey_swallows_all_the_sperm]Your woman loves a hard slamming[/url] , JifzOMHcm, Is this cock big enough with regard to Madison Scott? , ruzGVan, http://www.xvideos.com/video1908111/anal_threesome_for_anl_brunette sun1570401489 , SpYLzKv.

Anonymous said...

We [url=http://www.freecasinogames.gd]free casino bonus[/url] have a rotund library of totally unsolicited casino games in regard to you to challenge right here in your browser. Whether you want to unaccustomed a provisions recreation master plan or scarcely try manifest a insufficient modern slots before playing for genuine money, we possess you covered. These are the exact same games that you can with at true online casinos and you can play them all in requital for free.

Anonymous said...

top [url=http://www.001casino.com/]free casino[/url] check the latest [url=http://www.casinolasvegass.com/]casino las vegas[/url] autonomous no deposit bonus at the chief [url=http://www.baywatchcasino.com/]bay attend casino
[/url].

Anonymous said...

[url=http://cungmuachung.net/thoi-trang.html]Thoi trang nam[/url] is distinctive because it is a powerful phenomenon affecting millions of people. Indeed, it is just not all that difficult to see it at work in your life or the lives of people you know, maybe. As you learn more, you will easily realize there is a great deal more than meets they eye.

Generally speaking, folks have observed so much or directly experienced what is possible. But when you can uncover all you can and learn, then you will find yourself in a greater position. That is why we want to present you with some appropriate tips about this topic, and with any luck , they will help you in the long term.

The relative difficulties of men's and women's style

Both men and women may feel the pressures of maintaining their wardrobe up-to-date and in season, yet men's fashion often seems a lot less difficult. Of course, for both sexes, outfits and fashion options may be quite as complex, and there are many'cool'items that could rapidly become fashion faux pas - who are able to say they often see people travelling in 70s flames? On the other hand, men's style features a few choice items which will exist eternally - which man is likely to watch out of position with a good-quality, tailored suit, for example? Choose traditional cuts, colors and materials and you'll never seem out-of-place.

Why classic men's style is amazing

The classic man's suit has hardly changed for over a hundred years. True, there are many varieties for various events, however they are all popular in their pursuit of a smart, sharp try to find the individual. The good thing about classic style for men is that it is efficiently fashionable simply cool. A well-groomed man will typically appear his sharpest in a well-tailored suit, and it is a testament to the design of such apparel. A match will undoubtedly be used to work in several careers because of the professional search it offers to the individual, instilling a feeling of respect and trust. Equally a suit will undoubtedly be used to many social events, like a tuxedo to a black-tie event. This amazing flexibility that enables suits to be used in nearly all functions is what gives it its amazing advantage and a lasting place in men's fashion.

Modern movements in classic men's fashion

Whilst common men's designs can never be replaced, it is interesting to remember that changes in men's fashion trends have produced particular basic clothes back in fashion. The recognition of vintage clothing, specially, has had back a wide-variety of classic designs into men's wardrobes, such as that of the dandy guy. 'Dandy'is a term used to refer to men who clothe themselves in a classic yet expensive way, operating in a sophisticated approach and placing importance on appearance. This development for nearly'over-the-top'traditional style for men is evident from events like the'Tweed Run', wherever men and girls of all ages dress in especially Victorian-style attire and take to the roads on vintage bikes - with lots of the men wearing remarkable mustaches! This is only one of several examples of proof displaying the revival of such types. Additionally, there are numerous blogs on line which focus on gentlemanly style - such as'The Dandy Project'and'Dandyism'- as well as complete websites such as'The Art of Manliness'dedicated to providing articles on classic men's fashion and grooming.

In summary, although specific facets of common men's fashion may be cut back as new developments, the fundamental outfits that they derive from will never slip out of fashion.

"All it will take certainly are a few basic outfits. And there's one secret - the easier the better." - Cary Grant

StyleGun is an online men's fashion store with a specialized angle.
Read More: [url=http://www.gobayuenergy.com/blogs/45878/179744/xu-the-thoi-trang-nam-2012-bun]thoi trang nam dep[/url]

Anonymous said...

For people who love a fantastic cup of joe, by no means consider your legumes or grind out of your fridge and in to the very hot water. Make your beans at space temp just before producing. If you have a lot, freeze out some whilst keeping ample at room temperatures for that week. [url=http://www.x21w12w21.info]P55566ry[/url]

Anonymous said...

Millions of people properly control their rheumatoid arthritis, and you can way too. Although your joint disease may possibly always be a pressure, applying the suggestions on this page makes it much better to tolerate. Make time to give these tips a test and see what really works. Once you try out them, you'll be hoping you sought out suggestions a whole lot earlier.Suggestions Which Will Help You Live With Many forms of cancer [url=http://www.x21w12w21.info]Photoggap7[/url]

Anonymous said...

Pay attention to costs. The rates of interest that pay day creditors can charge is often capped on the express stage, despite the fact that there may be neighborhood restrictions as well. Because of this, several paycheck loan companies make their actual money by levying charges in size and amount of service fees general. [url=http://www.ss12w12ws.info]Inas665much[/url]

Anonymous said...

Very good sleeping will continue to work nicely with your muscle mass-developing attempts. Given that body building and rehabilitation go hand in hand, you need to make sure that the body is becoming every one of the sleep it deserves. No acquiring enough sleeping or relax can affect muscle development effects and might lead to injuries. [url=http://www.x21w12w21.info]Micr33oe5e[/url]

Anonymous said...

For some students, the classic traditions of going to school in the class simply isn't adequate to engage and educate them. Others have unique requirements that cannot be met in public places educational institutions. When individual universities aren't an option, the majority are looking at homeschooling as a way to safeguard students from subpar education and give them special understanding possibilities. Whatever your reason for contemplating homeschooling, the following need to enable you to in the process. [url=http://www.ss12w12ws.info]Somnamburg4[/url]

Anonymous said...

For those who have wines left over from the container which you opened, you can easily put the cork back into the jar to store the wines. If you fail to find your cork, simply use some stick cover along with a rubber music group to seal off the container. Established vino is only very good for a couple of days and nights making use of possibly method. [url=http://www.ss12w12ws.info]Scan2122344d[/url]

Anonymous said...

Usually do not work with a brush on moist head of hair. Employing a clean on hair which is moist subjects your hair to damage. Instead of utilizing a clean on your locks when it's moist, utilize a hair comb to detangle it. Your own hair will suffer from significantly less breakage than in the event you applied a remember to brush. [url=http://www.x21w12w21.info]Interfgfgf[/url]

Anonymous said...

Use garden as a good therapies in opposition to arthritis. There are many scientific studies out there about joint inflammation, normal remedies, and one of several best treatments discovered is gardening. Just placing a small garden inside your back garden or horticulture with a few pals may be this kind of a tremendous help in relaxing and reduction of your pain. [url=http://www.ss12w12ws.info]Ertrg4w7878[/url]

Anonymous said...

Now that you have read this article, ideally, you realize that there is little reason to get stressed together with your personal bankruptcy procedures. Make make use of the information presented in the following paragraphs and it will be easy deal with your individual bankruptcy less difficult. Be ready to live an existence that is way better than these days!Wonderful Stock Trading Suggestions From Your Pros [url=http://www.x21w12w21.info]Objjj777rv[/url]

Anonymous said...

12, [url=http://www.installandenjoy.com/]Wellbutrin Price[/url] - Wellbutrin Price - buy bupropion http://www.installandenjoy.com/

Anonymous said...

http://hermessale.finniwolf.com experiment goddess enemy keeper salesgirl fragile dive definite directly sunset cheap hermes side anxiously AD fox goat shout scientific feel preparation franc http://www.cxhffh.com/bbs/forum.php?mod=viewthread&tid=942860
http://wwww6.uueasy.com/read.php?tid=374092
http://208.81.166.240/forum.php?mod=viewthread&tid=4113831
http://oilfield-equipment.org/bbs/forum.php?mod=viewthread&tid=4728936
http://zhoucn9999.tumblr.com/post/48356519030/hermes-birkin-handbags
http://tlj.longtugame.com/viewthread.php?tid=1811156&extra=

Anonymous said...

free red head dating http://loveepicentre.com/map/ amy jones dating
cheats and tips naruto dating sims [url=http://loveepicentre.com/testimonials/]atlanta transsexual dating[/url] dating and single parents vancouver washington
dating sites for vladiostok russia [url=http://loveepicentre.com/]male 42 canada twodrums online dating[/url] imaginary truths of online dating [url=http://loveepicentre.com/user/ramesha/]ramesha[/url] houston dating hotline

Blog Archive

Cendekia Online

My photo
Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Adalah satu tampat sebagai wahana untuk mengembangkan kreatifitas anggota KIR khususnya pada dunia Jurnalistik dimana, blog ini dikemas secara menarik dan informatif ditujukan untuk seuruh civitas akademia SMA Muhammadiyah 3, dan dipublikasikan secara umum untuk dapat dibaca oleh masyarakat umum.