Wednesday, August 30, 2006

BUGAR

JANGAN TAKUT JERAWAT

Kerap kali kita dibuat panic dengan timbulnya jerawat. Sebenarnya kita nggak perlu takut dengan timbulnya jerawat (acne), karena jerawat merupakan penyakit kulit yang biasa dialami setiap orang tanpa mengenal usia. Mungkin hal ini akan lain ceritanya bila dialami oleh kita-kita para remaja, karena jerawat sering kali membuat kita kurang PD. Hal yang wajar jika seorang remaja itu berjerawat, karena di usia 14-16 tahun ini para remaja mengalami masa pubertas. Survei dilapangan juga membuktikan bahwa dari 10 remaja yang ditemui 8 diantaranya mempunyai masalah dengan jerawat. Jadi bagi kamu yang berjerawat jangan takut karena kamu ga sendirian.
Kalau pingin tau jerawat ga Cuma di wajah lho, dipunggung juga bisa didapati jerawat atau yang serin disebut dengan backne. Acne itu sendiri akan cenderungtibul pada kulit yang berminyak, karena medium yang dibutuhkan bakteri jerawat (propionibacterium acnes) terdapat di lemak.

Tau nggak sih ada 3 jenis jerawat yang mesti kita kenaldiantaranya:
1. Komedo (pori-pori tersumbat)
Komedo yang terbuka disebut juga sebagai blackhead, terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Pori-pori ini dapat berwarna hitam karena teroksidasi dengan udara. Komedo yang tertutup (whitehead) terlihat seperti tonjolan putih-putih kecil di bawah kulit (2) Jerawat biasa (jerawat klasik)Jenis jerawat yang satu ini sangatsangat mudah untuk kita kenali, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Jerawat ini terjadi karena pori-pri yang tersumbat terinfeksi dengan bakteri jerawat (propionobacterium acne). (3) Cystic Acne (Jerawat Batu/Jerawat Jagung) Inilah godfathernya jerawat! Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang juga memiliki jenis jerawat ini. Buat kalian yang punya masalah dengan jerawat yang satu ini, sabar ya! Coz jerawat yang satu ini tidak dapat dicegah ataupun disembuhin dengan obat-obatan yang ada dipasaran masyarakat. Tapi masih ada penyelesaiannya kok! Kalian mesti konsultasi ma dokter, so nggak bisa sembarangan makai obat.

Kalau di usut-usut penyebab akan timbulnya jerawat ada buanyak lho, diantaranya adalah:
1. Stress, makanya bagi kalian yang kebanyakan mikir, jangan heran kalau tiba-tiba muncul jerawat. Biasanya jerawat yang muncul pada saat kita tertekan adalah jerawat klasik (jerawat biasa). (2) Keturunan dari orang tua tau kerabat dekat, seperti yang terjadi pada jerawat jagung misalnya. (3) Aktivitas hormone (4) Kelenjar minyak yang hiperaktif, karena bakteri jerawat sangat menyukai medium kulit yang seperti ini. (5) Iritasi kulit, karena garukan misalnya. (6) Anabolic steroid (7) Pil pengontrol kehamilan (pil KB), namun banyak wanita mengalami penurunan munculnya jerawat semasa pemakaian pil tersebut. (8) Berada dalam lingkungan dengan kadar chlorine yang tinggi terutama chlorinated dioxins yang menyebabkan jerawat serius disebut sebagai chloracne.
Sering kali terjadi miskonsepsi dengan timbulnya jerawat. Misalnya saja cokelat. Cokelat tidaklah berpengaruh akan timbulnya jerawat, hal ini hanyalah mitos dari sebagian besar masyarakat. Pada kenyataannya cokelat dapat memperhalus kulit lho! Dan tentang cokelat penyebab kegemukan hal ini lebih dikarenakan campuran glukosa yang ada pada cokelat tersebut.

Sebenarnya, orang yang berjerawat adalah wajar, namun kulit tanpa jerawat adalah dambaan dari setiap orang. Untuk itu ada tips-tips yang oke punya buat kalian yang punya masalah sengan bisul kecil ini, diantaranya yaitu:
(1) Memperbanyak konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan. Dengan cara ini kekebalan tubuh akan adanya serangan bakteri akan meningkat. So bagi kalian yang nggak suka ma sayuran you must try it. (2)Memakai air jeruk nipis sebagai bahan cuci muka alami, karena kandungan sitrat pada jeruk nipis sangat tinggi sehingga lemak dapat terlarut dan dengan demikian media bakteri akan berkurang, begitu pula dengan bakterinya. (3) Membersihkan muka dengan sabun pembersih muka, minimal 2 kali sehari. Bagi kalian yang mempunyai kulit sensitive, nggak usah gonta ganti produk karena akan menimbulkan infeksi. (4) bila mengendarai sepeda motor ada bagusnya lho makai slyer atau cadar, agar debu yang membawa bakteri tidak mengenai wajah. Bila pada kulit sudah terdapat adanya jerawat, maka jerawat jangan disentuh berulang-ulang, karena akan merangsang pembengkaka pada jerawat dan akan menimbulkan bekas pada kulit. (5) Menurut aliran China, jerawat yang baru akan muncul dapat kita cegah dengan melakukan pijitan-pijitan kecil pada calon jerawat tersebut. Bagi kalian yang percaya, silahkan mencoba. (6) Yang terpenting adalah “menjaga kebersihan” so bagi kalian yang nggak pernah mandi, ayo buruan mandi!!
Ok deh kita harus bangkit dari keterpurukan. Nggak banget kalau jerawat akan mengganggu aktivitas kita. So kta mesti PD. Bagi kamu yang berjerawat, nggak perlu rendah diri, coz “ wajah tanpa jerawat bagai malam tak berbintang”, he...he…(Lies)

No comments:

Blog Archive

Cendekia Online

My photo
Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Adalah satu tampat sebagai wahana untuk mengembangkan kreatifitas anggota KIR khususnya pada dunia Jurnalistik dimana, blog ini dikemas secara menarik dan informatif ditujukan untuk seuruh civitas akademia SMA Muhammadiyah 3, dan dipublikasikan secara umum untuk dapat dibaca oleh masyarakat umum.